Selasa, 13 Maret 2018

GERAKAN MINUM TABLET TAMBAH DARAH 

Gerakan Minum Tablet Tambah Darah (Fe) dan Screening Anemia Pada Remaja Putri Tingkat Kabupaten Demak (Rabu, 14 Februari 2018)

     Dalam rangka pencegahan stunting, Dinas Kesehatan Kabupaten Demak mengadakan kegiatan gerakan minum tablet tambah farah (Fe) dan sceening anemia pada remaja putri. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan minum tablet tambah darah kepada remaja putri guna mencegah terjadinya anemia pada remaja putri. Peserta dalam kegiatan tersebut adalah siswi SMP/MTs dan SMA/MA. Pada kegiatan tersebut Puskesmas Bonang 1 mengirimkan perwakilan dari SMPN 3 Bonang dan MA NU 3 ITTIHAD BAHARI .
Kegiatan minum TTD bersama dan screening anemia di pendopo Kabupaten Demak

Apa Itu Anemia?
Anemia adalah suatu kondisi dimana Kadar hemoglobin (Hb) dalam darah lebih rendah dari normal. Gejala yang umum dirasakan dikenal dengan sebutan 5L : lelah, letih, lesu, lemah dan lalai. selain 5L gejala yang dirasakan seperti pusing, berkunang-kunang, mudah mengantuk, dan sulit konsentrasi. 

Anemia dan Tekanan Darah Rendah
Anemia dan tekanan darah merupakan dua hal yang berbeda. Kalau anemia merupakan kurangnya kadar hemoglobin dalam darah sedangkan tekanan darah rendah merupakan kerja jantung yang kurang kuat dalam memompa jantung. 

Akibat Anemia
Akibat anemia diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Menurunnya kemampuan belajar
2. Terganggunya kegiatan sehari-hari
3. Daya tahan tubuh menurun
4. Memiliki risiko lebih tinggi mengalami masalah saat hamil dan melahirkan

Penyebab Anemia :
1. Perdarahan (misalnya menstruasi), kecacingan
2. Kekurangan asupan protein, asam folat, vit B12, dan zat besi
3. Faktor genetik (misalnya thalasemia)
Remaja putri berisiko mengalami anemia karena kebutuhan zat besi meningkat pada masa pubertas, kehilangan zat besi karena pendarahan saat menstruasi, dan kebiasaan makan yang kurang baik  (kurang asupan zat besi).

Pencegahan Anemia pada Remaja Putri
Anemia pada remaja putri dapat dicegah dengan mengkonsumsi tablet tambah darah secara rutin yaitu satu minggu sekali dan setiap hari ketika menstruasi. Selain itu remaja putri juga harus menjaga pola makan yaitu dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti daging, telur, susu, sayuran hijau, serta mengkonsumsi makanan yang mengandung vit C guna mempercepat penyerapan Zat besi




Tidak ada komentar:

Posting Komentar